Beranda » Resep Nasi Sushi Lengkap dengan Tips Membuatnya

Resep Nasi Sushi Lengkap dengan Tips Membuatnya

Womedia.id – Nasi sushi digemari banyak orang. Tekstur dan rasanya berbeda dari nasi putih yang biasa dimakan sehari-hari. Jenis nasi ini terasa agak lengket, rasanya sedikit asam, dan butirannya sama besar, bulat dan pendek.

Dilansir dari All Recipes, nasi sushi memang seharusnya dibuat dari beras jepang yang juga dikenal dengan beras sushi. Beras ini memiliki kandungan pati lebih tinggi daripada beras biasa sehingga terasa lengket saat matang. Bumbu nasi sushi terdiri dari cuka beras, gula putih, dan garam. Membuatnya terasa nikmat. Nasi sushi bisa dibuat di panci dengan kompor, rice cooker, atau panci instan untuk memasak.

Nasi sushi memang memiliki tekstur serta rasa yang unik, karena berbeda dari nasi yang biasanya kita konsumsi. Tekstur nasi sushi umumnya lengket agar mudah dibentuk.
Sayangnya, tidak selalu mudah untuk menemukan beras Jepang di pasaran, Moms. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa membuat nasi sushi menggunakan beras biasa.
Beras yang ada di rumah ternyata bisa lho diolah menjadi nasi sushi dengan tekstur yang mendekati. Lantas, bagaimana caranya ya?
1. Jangan Membilas Beras Sebelum Dimasak
Kebanyakan orang membilas beras untuk tujuan sanitasi, dan untuk menghilangkan debu pati. Padahal pati ini lah yang menyebabkan nasi menjadi lengket dan menggumpal. Jika tidak tahan makan nasi tanpa mencucinya, maka bilaslah sekali atau dua kali saja, tapi jangan membilasnya terlalu banyak hingga airnya jernih.
2. Rendam Beras Sebelum Memasaknya
Membiarkan beras direndam dalam air dapat membuat beras menjadi lebih lengket. Coba rendam selama 30 menit hingga 4 jam. Lalu tiriskan air setelah beras selesai direndam.
3. Menggunakan Lebih Banyak Air
Mengutip The Hungry Mouse, menggunakan lebih banyak air daripada biasanya akan membuat nasi lebih lengket dan menggumpal. Jadi setelah memasukkan air seperti biasa, tambahkan beberapa sendok air lagi. Pertimbangkan untuk menambahkan sedikit garam, agar nasi sedikit memiliki rasa dan tidak hambar.
4. Pakai Beras Berbutir Pendek
Coba gunakan beras berbutir pendek atau beras pulen, karena cenderung memiliki kandungan pati yang lebih tinggi, sehingga membuatnya lebih lengket daripada beras berbutir sedang atau panjang.
5. Bumbu Nasi
Mengutip Just One Cookbook, campurkan 4 sendok makan cuka beras, 2 sendok makan gula, dan 1 sendok teh garam dalam panci kecil. Aduk hingga merata. Kemudian didihkan bumbu dengan api sedang, aduk kembali sampai gula dan garam larut. Bumbu ini juga bisa membuat nasi menjadi sedikit lebih lengket.
6. Campur Nasi dan Bumbu
Pindahkan nasi ke mangkuk kaca, lalu tuang bumbu ke atas nasi. Lakukan saat nasi masih panas. Tidak harus menggunakan semua bumbu jika ingin rasa yang kurang pekat. Campur hingga merata. Saat mencampurkan nasi dan bumbu, jangan gunakan sendok atau alat makan logam karena rasa cuka akan tercampur dengan logam. Hal itu akan menjadikan tekstur nasi mendekati nasi sushi, Moms.

 

Baca Juga  5 Makanan Alami Ini Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol Lho