Beranda » 5 Makanan Alami Ini Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol Lho

5 Makanan Alami Ini Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol Lho

Ilustrasi Makanan Alami Penurun Kolesterol

Womedia.id – Kadar kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan umum. Kadar kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Mengikuti kebiasaan makan yang sehat juga dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami. Makanan berikut dapat membantu menurunkan kolesterol:

Oatmeal

Oatmeal memiliki banyak serat larut dan beta-glukan, yang membantu tubuh mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya. Mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan atau camilan sehat dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

Alpukat

Alpukat memiliki lemak sehat tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Lemak sehat ini juga dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki kesehatan jantung. Alpukat dapat dimasukkan ke dalam smoothie, salad, atau makan sebagai camilan sehat.

Baca Juga  Nggak Bikin Kantong Kering, Nikmatnya Makan Daging Premium di Teras Japan dengan Harga Hemat

Ikan Berlemak

Omega-3, asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung, ada dalam ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel. Omega-3 dapat meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, Anda harus makan ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu.

Kacang-kacangan

Fitosterol, lemak sehat, dan serat dari kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan kacang tanah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Makan kacang-kacangan setiap hari sebagai camilan sehat atau masukkan ke dalam salad dan hidangan lainnya.

Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran—seperti apel, stroberi, jeruk, dan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kale—kaya akan serat, antioksidan, dan fitokimia yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Baca Juga  Resep Nasi Sushi Lengkap dengan Tips Membuatnya

Menghindari makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng dengan minyak tinggi adalah contoh makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol trans, dan kolesterol. Untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter Anda.